PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

20 Januari 2011

"Baju" Lotus Renault Langgar UU Tembakau

Filed under: 2011,Mesin & Pabrikan,Musim Balap,Renault,Renault F1 Team — thedi76 @ 1:01 am

Musim perdana tim yang mendapat nama baptisan baru, Lotus Renault GP, di arena Formula 1 (F1) langsung menghadapi persoalan. Tim yang pada musim-musim sebelumnya menggunakan nama Renault tersebut tampaknya harus mengganti warna mobilnya ketika tampil di GP Kanada pada 12 Juni 2011 mendatang.

Apa alasan yang membuat tim yang saham terbesarnya milik Lotus tersebut harus ganti “baju”? Rupanya, warna tim Lotus Renault GP tersebut disinyalir melanggar Undang-Undang Tembakau di Kanada.

Saat acara tahunan Autosport International di Birmingham akhir pekan lalu, tim tersebut memperkenalkan warna baru mobilnya yang didominasi hitam dan emas. Ini merupakan warna yang pernah dipakai Lotus pada tahun 1970-an dan 1980-an, sekaligus menjadi warna yang identik dengan rokok John Player Special.

Nah, di faktor inilah yang memunculkan persoalan baru, yang mengancam keberadaan tim Lotus Renault GP ketika tampil di Kanada. Kemiripan warna mobil dengan kemasan rokok itu dianggap sebagai suatu bentuk promosi, yang mana hal tersebut melanggar Undang-Undang Tembakau yang berlaku di Kanada.

Seorang juru bicara Departemen Kesehatan Kanada mengatakan kepada Toronto Globe and Mail bahwa “inspektur tembakau perlu meninjau untuk menilai apakah telah terjadi pelanggaran terhadap Undang-Undang Tembakau” jika mobil tampil dengan warna tersebut di Sirkuit Gilles Villeneuve.

Terlepas dari kenyataan bahwa warna tersebut sebenarnya bukanlah upaya untuk mempromosikan jenis rokok, tetapi hukum Kanada menyatakan secara tegas bahwa promosi dapat mencakup “representasi tentang suatu produk atau layanan dengan cara apa pun, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk komunikasi informasi tentang produk atau jasa dan harga serta distribusi, yang mungkin untuk memengaruhi dan membentuk sikap, keyakinan, dan perilaku tentang produk atau jasa”.

Warna yang digunakan tim Lotus Renault ini juga mengundang keprihatinan pihak Imperial Tobacco, pemilik merek JPS. Mereka menyayangkan situasi ini dan mengatakan, seharusnya Lotus Renault menyadari tentang potensi persoalan hanya karena warna tersebut—padahal pada situsnya pun, warna hitam dan emas sudah dilarang.

“Secara kategoris, adanya kemiripan dengan kemasan rokok itu melanggar hukum. Jika saya jadi Lotus, maka saya pasti peduli. Saya heran, apakah mereka tahu perihal hukum di Kanada,” ujar sang juru bicara.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: