PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

22 November 2010

Todt Bidik Lebih Banyak Overtaking

Filed under: 2011,Asosiasi Balap,F I A,Musim Balap — thedi76 @ 4:14 am

Aksi saling salip menjadi salah satu bumbu paling sedap dalam sebuah balapan. Presiden FIA Jean Todt sadar betul akan hal ini. Ia pun berniat bikin aksi itu lebih banyak hadir di lintasan F1 musim depan.

Saling kebut, adu strategi dan salip-menyalip. Penyuka balapan manapun rasanya akan lebih puas bila melihat aksi-aksi tersebut hadir di lintasan.

Akan tetapi, ada kalanya seorang pembalap tak bisa dengan gampang melewati rival yang ada di depannya jika kondisi lintasan tidak memungkinkan. Biar bagaimana, alasan keamanan tentu tak bisa diabaikan.

Tanpa abai dengan keselamatan pembalap, Todt ingin agar balapan musim depan bisa lebih banyak menghadirkan aksi overtaking.

“Kami perlu mendorong lebih banyak aksi saling salip. Di Abu Dhabi itu mustahil. Saya bicara sebagai presiden FIA. (Lewis) Hamilton memakai ban baru dan dua detik lebih cepat dari (Robert) Kubica tapi tetap tak bisa melewatinya,” lugas Todt di ESPN F1.

“Mulai sekarang sebelum sebuah sirkuit disetujui, kami akan mengevaluasi potensi hiburan sekaligus keamanan. Kami sudah menjadwalkan sebuah pertemuan dengan ahli teknis macam Patrick Head dan Rory Byrne,” imbuhnya.

Meski demikian, Hermann Tilke yang adalah perancang sejumlah lintasan di musim F1 saat ini mewanti-wanti Todt bahwa aksi menyalip memang tidak bisa dipaksakan di semua lintasan.

“Beberapa balapan menghadirkan banyak aksi, lainnya tidak. Ini sama di semua olahraga. Balapan sangatlah berbahaya dan tak ada yang ingin para pembalap cedera atau bahkan meninggal.”

“Fans selalu menginginkan tikungan cepat. Tapi tikungan ini kontraproduktif untuk menyalip. Yang pasti Anda butuh tikungan cepat. Tapi untuk menyalip rancangan terbaik adalah sebuah tikungan pelan, lintasan panjang dan kemudian tikungan pelan lagi,” paparnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: