PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

30 Juli 2010

McLaren Dipusingkan Sayap Fleksibel Red Bull

Menggunakan sayap yang dianggap bisa bergerak, Red Bull dan Ferrari tampil bagus di GP Jerman pekan kemarin. Mencoba mengaplikasi sayap serupa pada MP4-24, McLaren malah dibuat pusing.

Hasil foto sepanjang GP Jerman pekan lalu menunjukkan kalau sayap depan F10 kepunyaan Ferrari dan RB6 milik Red Bull bisa bergerak naik dan turun pada kondisi lintasan tertentu. Sayap tersebut bergeser merendah hingga 25 mm dalam kecepatan tinggi, hal mana menghasilkan downforce yang lebih besar.

Fakta itu sempat memunculkan kontroversi mengingat FIA memang melarang penggunakan komponen tersebut. Namun hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh FIA usai balapan justru membuktikan sebaliknya. Sayap depan Red Bull dan Ferrari dianggap legal dan tak menyalahi aturan.

“Saya sudah melihat banyak gambar akan hal tersebut. Kami yakin soal hal itu, dan kami tidak sendiri. Kedua mobil itu – Ferrari dan Red Bull – memiliki sayap yang lebih rendah posisinya dibanding yang kami miliki. Kami melihatnya sebagai sebuah fenomena. Semuanya sudah disahkan, mungkin seharusnya tidak, kami tidak mengerti,” seru dierktur mesin McLaren, Paddy Lowe.

Penyataan FIA yang melegalkan sayap fleksibel tersebut berarti semua tim, termasuk McLaren bisa menirunya. Namun justru masalah lain muncul karena sejauh ini McLaren belum bisa mengaplikasikan sayap tersebut di kendaraannya.

“Ini perbedaan pada level yang cukup besar, yang membuatnya sulit dijelaskan hubungannya dengan berat kendaraan, tekanan ban atau setingan untuk kecepatan tinggi. Saat ini kami masih bekerja sangat keras untuk bisa memahaminya, dan itu layak menuntut performa kami untuk bisa mewujudkannya,” pungkas Lowe di ESPNF1.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: