PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

12 Juli 2010

Webber Raja Silverstone

Mark Webber membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu kandidat kuat juara musim ini selain rekan setimnya, Sebastian Vettel. Ini dibuktikan pembalap veteran Red Bull Racing ini dengan memenangi F1 GP Inggris, Minggu (11/7/2010).
Duel sengit langsung mewarnai jalannya balapan di sirkuit Silverstone. Duo Red Bull Sebastian Vettel dan Mark Webber langsung terlibat pertarungan sengit sejak awal start. Sementara Lewis Hamilton yang menempati urutan keempat berhasil menyalip Fernando Alonso di tempat ketiga.

Sayang, duel antara Vettel dan Webber tak berlangsung lama. Pasalnya, pada tikungan pertama, mobil RB6 geberan Vettel sempat kehilangan power dan dia pun harus tercecer keurutan terakhir dan masuk pit untuk memperbaikinya. Usai memperbaiki mobilnya, Vettel kembali ke lintasan di posisi terakhir dengan selisih sekira 63 detik dari Webber di posisi terdepan.

Tanpa Vettel, duel terdepan pun dihiasi pertarungan sengit Webber dan pembalap tuan rumah, Hamilton yang tak ingin malu kalah di hadapan publiknya. Sementara tempat ketiga diisi pembalap Renault Robert Kubica, Nico Rosberg dan Alonso yang harus tercecer ke urutan lima.

Memasuki sepuluh lap awal dari total 52 lap, Webber mulai menjaga jarak dengan Hamilton yang terus berusaha keras menempel ketat pembalap Australia. Webber untuk sementara berhasil unggul sekira 1.8 detik di depan Hamilton. Sementara posisi tiga sampai lima belum berubah, masih dihuni Kubica, Rosberg dan Alonso di tempat kelima.

Memasuki pertengahan balapan, Webber memutuskan masuk pit. Susunan pembalap pun sedikit mengalami perubahan. Namun, hal itu tak bertahan lama, memasuki lap ke-20, Webber kembali mengambil tampuk pimpinan lomba dengan keunggulan sekira enam detik di depan Hamilton.

Sementara itu, nasib nahas dialami Kubica yang harus menghentikan balapan karena masalah teknis pada mobilnya usai terlibat pertarungan sengit dengan Alonso. Memasuki lap ke-28, Alonso harus membayar mahal kesalahan yang dibuatnya saat melewati Kubica dari sisi luar trek hingga akhirnya harus menerima penalti selama sembilan detik.

Di lap ke-29, safety car memimpin jalannya balapan usai insiden yang melibatkan Pedro de la Rosa dan Adrian Sutil. Di bawah bimbingan safety car yang memandu balapan sebanyak dua lap, susunan pembalap di sepuluh terdepan adalah, Webber, Hamilton,  Rosberg, Alonso, Button, Barrichello, Kobayashi, Schumacher, Sutil dan Hulkenberg.

Usai safety car kembali ke kandang, balapan sengit pun kembali melibatkan Webber dan Hamilton yang terus berusaha mempersempit selisih waktunya. Namun, yang patut mendapat perhatian lebih pada setengah balapan ini adalah performa gemilang Sebastian Vettel.

Sempat tercecer di urutan paling buncit, pembalap muda Jerman ini sukses menjinakkan satu demi satu pembalap di depannya. Memasuki lap ke-33, Vettel yang tadinya teringgal lebih dari satu menit dari pembalap terdepan, kini berhasil menyodok ke urutan sebelas dan tengah mengancam Vitaly Petrov di depannya.

Tak butuh waktu lama bagi Vettel untuk melewati hadangan Petrov, sebelum akhirnya melewati Nico Hulkenberg di lap ke-38 dan seniornya, Michael Schumacher, dua lap berselang untuk mengamankan posisi kedelapan. Usai melewati Schumi, kini target Vettel adalah pembalap Jerman lainnya Adrian Sutil yang menempati urutan ketujuh.

Lima lap balapan tersisa, Vettel masih berusaha keras mengejar Sutil, sementara rekan setimnya Webber masih memimpin jalannya balapan diikuti Lewih Hamilton, Nico Rosberg dan Jenson Button ditempat keempat. Sementara posisi lima dan enam ditempati Rubens Barrichello dan pembalap Sauber, Kamui Kobayashi.

Di lima lap terakhir itu, Vettel yang masih bernafsu memperbaiki peringkatnya terus berusaha keras mengejar Sutil. Usaha Vettel pun tak sia-sia. Satu lap jelang berakhirnya balapan, Vettel akhirnya mampu melewati hadangan Sutil dan mengakhiri balapan di posisi tujuh membuntuti, Kobayashi, Barrichello, Button, Rosberg, Hamilton dan Webber yang tampil sebagai pemenang.

Pos-Pmblp-Tim- Wak
1.  Webber        Red Bull-Renault           1h24:38.200
2.  Hamilton      McLaren-Mercedes           +     1.360
3.  Rosberg       Mercedes                   +    21.307
4.  Button        McLaren-Mercedes           +    21.986
5.  Barrichello   Williams-Cosworth          +    31.456
6.  Kobayashi     Sauber-Ferrari             +    32.171
7.  Vettel        Red Bull-Renault           +    36.734
8.  Sutil         Force India-Mercedes       +    40.932
9.  Schumacher    Mercedes                   +    41.599
10.  Hulkenberg    Williams-Cosworth          +    42.012
11.  Liuzzi        Force India-Mercedes       +    42.459
12.  Buemi         Toro Rosso-Ferrari         +    47.627
13.  Petrov        Renault                    +    59.374
14.  Alonso        Ferrari                    +  1:02.385
15.  Massa         Ferrari                    +  1:07.489
16.  Trulli        Lotus-Cosworth             +     1 lap
17.  Kovalainen    Lotus-Cosworth             +     1 lap
18.  Glock         Virgin-Cosworth            +     1 lap
19.  Chandhok      HRT-Cosworth               +    2 laps
20.  Yamamoto      HRT-Cosworth               +    2 laps

Gagal finish:
Alguersuari   Toro Rosso-Ferrari           45
De la Rosa    Sauber-Ferrari               30
Kubica        Renault                      20
Di Grassi     Virgin-Cosworth              10(acf)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: