PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

28 Juni 2010

Pakai F-duct, Vettel Rebut Start Terdepan

Pebalap Sebastian Vettel akan menempati posisi start pertama GP F1 Eropa di sirkuit Valencia, Minggu (27/6/2010). Pebalap Red Bull itu dalam babak kualifikasi berlangsung hari ini mengukir waktu terbaik 1 menit 37,587 detik.

Red Bull di lomba seri ke-9 ini akan start 1-2 setelah rekan setimnya Mark Webber membuat gebrakan bagus. pebalap Australia itu kalah cepat 0,075 detik dari Vettel.

Pemakaian F-duct pada RB6 memang membuahkan hasil. Meski di Q1 dan Q2, Vettel dan Webber belum tampil menonjol. Bahkan, di Q3, jelang satu menit Vettel minta dipakaikan ban kompon super lunak. Hasilnya, ia melejit terdepan.

Tempat ketiga diduduki Lewis Hamilton. Pebalap McLaren yang tampil dengan desain knalpot model Red Bull coba melampaui waktu Vettel di masa injury time. Sayang, di tikungan ke-17 ia terlalu melebar, sehingga gagal merebut start terdepan.

Pebalap tuan rumah Fernando Alonso harus puas strat di baris kedua bersebelahan dengan Hamilton. Berbagai jenis ban sudah dicoba, mogah-mogah dengan desain knalpot baru bisa memenuhi harapannya untuk bisa memenangkan balapan di rumah sendiri.

Kualifikasi I (Q1): berlangsung mulus

Cuaca di trek Valencia yang berlokasi di pelabuhan itu sangat cerah. Drama soal ban yang terjadi di Kanada lalu, membuat pebalap mencoba ban kompon medium saat latihan tadi pagi. Bahkan Red Bull menggunakan kompon super lunak dan hasilnya Vettel tercepat.

Rubens Barrichello tampil memakai F-duct, sementara rekan setimnya Nico Hulkenberg tidak pakai. Tampaknya Williams ingin mendapatkan hasil yang nyata.

Sementara Ferrari coba memakai ban kompon terkeras pada mobil Alonso. Tapi, Massa tidak disebutkan dan pada menit ke-7 melesat paling cepat dengan 1:38,288. Meski hanya bertahan satu menit karena berhasil dipertajam Hamilton 0,180 detik.

Sama seperti Ferrari, Red Bull juga menjajal ban kompon keras yang dipasang pada Vettel. Hasilnya tidak jelek 1:38,324 detik. Sedang rekan setimnya Webber masih berada di urutan ketujuh.

Ternyata, catatn waktu terbaik Hamilton yang 1:38,108 terus bertaham hingga sesi Q1 berakhir 20 menit tanpa ada insiden. Pebalap yang tidak melanjutkan Q2, 18.Kobayashi, 19.Trulli, 20.Kovalainen, 21.Di Grassi, 22.Glock, 23.Chandlok, 24.Senna.

Q2 : Bingung ban
Sesi ini, Michael Schumacher memakai ban kompon super lunak, sementara sebagian pebalap unggulan mengandalkan kompon terkeras. Red Bull melalui pebalap Webber mulai unjuk kekuatan dengan waktu terbaiknya 1:38,041 detik dimenit ke-5. Tapi satu menit kemudian, rekan setimnya Vettel melesat lebih cepat 0,026 detik dan membuat Red Bull 1-2 tercepat sementara.

Kejutan dibuat pebalap Renault Robert Kubica. Tampil dengan desain knalpot model Red Bull menduduki tercepat ketiga, unggul dari Hamilton, Massa dan Button.

Sisa waktu 4 menit, Ferrari menggunakan ban kompon lunak, sedang McLaren memasang ban super-lunak. Hasilnya kurang bagus, kemudian ganti kompon lunak, tetap tidak bisa mengembang kecepatan terutama di sektor dua dan tiga.

Sesi ini menjadi milik Vettel dengan rekor terbaiknya 1:38,015 detik. Pebalap yang tak ikut Q3, 11. Buemi, 12.Rosberg, 13.Sutil, 14.Liuzzi, 15.Schumacher, 16. De La Rosa, 17. Alguersuari.

Q3:Red Bull menggebrak
Sampai Q2 tim yang lolos 10 besar masih bingung pakai ban apa di sesi terakhir ini. Alonso minta pakai kompon terlunak. Sementara Massa dan Hamilton lebih suka kompon lunak.

Dari keputusan semua itu, Hamilton paling cepat dengan 1:37,969 detik diikuti Vettel 1:38,028. Di luar dugaan Webber menggebrak dengan 1:37,852 detik.

Waktu tinggal 3 menit, para pebalap memakai kompon lunak. Massa yang coba mengejar, malah menghasilkan waktu yang kurang baik.

Hasil kualifikasi

1. Vettel            Red Bull-Renault                  1:38.324   1:38.015    1:37.587
2. Webber         Red Bull-Renault                  1:38.549   1:38.041    1:37.662
3. Hamilton       McLaren-Mercedes              1:38.697   1:38.158     1:37.969
4. Alonso          Ferrari                                  1:38.472   1:38.179    1:38.075
5. Massa           Ferrari                                  1:38.657   1:38.046     1:38.127
6. Kubica          Renault                                 1:38.132   1:38.062     1:38.137
7. Button           McLaren-Mercedes              1:38.360   1:38.399     1:38.210
8. Hulkenberg   Williams-Cosworth              1:38.843   1:38.523    1:38.428
9. Barrichello   Williams-Cosworth              1:38.449   1:38.326    1:38.428
10. Petrov          Renault                                1:39.004    1:38.552    1:38.523
11. Buemi          Toro Rosso-Ferrari             1:39.096    1:38.586
12. Rosberg       Mercedes                             1:38.752   1:38.627
13. Sutil             Force India-Mercedes         1:39.021   1:38.851
14. Liuzzi          Force India-Mercedes          1:38.969   1:38.884
15. Schumacher Mercedes                             1:38.994   1:39.234
16. de la Rosa   Sauber-Ferrari                     1:39.003   1:39.264
17. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari              1:39.128   1:39.458
18. Kobayashi    Sauber-Ferrari                    1:39.343
19. Trulli            Lotus-Cosworth                  1:40.658
20. Kovalainen   Lotus-Cosworth                 1:40.882
21. di Grassi      Virgin-Cosworth                1:42.086
22. Glock           Virgin-Cosworth                1:42.140
23. Chandhok      HRT-Cosworth                 1:42.600
24. Senna           HRT-Cosworth                  1:42.851

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: