PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

25 Juni 2010

Pirelli Penyuplai Ban F1 Mulai 2011

Filed under: 2011,Asosiasi Balap,Ban,F I A,Headline,Musim Balap,Regulasi,Tekhnologi — thedi76 @ 1:18 am

Tahun ini terakhir bagi Bridgestone berpartisipasi di arena F1.International Automobile Federation (FIA) mengumumkan hari ini ini (23/6/2010) bahwa Pirelli akan menggantikan posisi pabrikan ban Jepang itu sebagai penyuplai bagi tim F1, mulai 2011 sampai 2013.

“Pirelli telah diseleksi sebagai penyuplai tunggal untuk kejuaraan dunia F1 masa periode tiga tahun, yang dimulai 2011. Sebagai penyuplai, Pirelli harus bertanggung jawab dan mengikuti regulasi teknik dari FIA,” begitu pernytaan FIA.

Pabrik ban Italia ini pernah berkiprah di ajang balap jet darat pada 1950 dan terakhir 1991. Memenangkan lomba dibukukan 41 kali, di antaranya di Kanada berama tim Benetton-Ford yang dipersembahkan pebalap Nelson Piquet. Bahkan pada 1957, dari 8 seri hampir memenangkan seluruhnnya melalui beberapa tim.

Regulasi
Selain mengumumkan soal penyuplai ban, FIA juga menyampaikan beberapa menyangkut regulasi. Di antaranya soal “safety car” (SC). Jadi, tidak ada yang boleh menyalip saat SC masuk lintasan atau ketika masuk pit. Lalu, ketika SC masuk lintasan di lap terakhir, atau mengitari lap terakhir dan masuk pit, pebalap tetap mendapat kibaran bendera finish tanpa boleh menyalip.

Untuk 2011, kualifikasi kembali ke sistem 107%. Jadi, pebalap yang tidak bisa memenuhi 107% dari lap tercepat di Q1 tidak boleh ikut balapan. Kecuali ada kekhususan dan itupun harus mendapat izin dari pengawas lomba (stewards). Itu pun tidak lebih dari satu pebalap yang mendapat hak istimewa tersebut, tentu dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Ketentuan lain, bobot minimum tidak boleh kurang dari 640 kg selama berlangsung lomba.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: