PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

25 Juni 2010

Musim 2011, F1 Terapkan Aturan Baru

Filed under: 2011,Asosiasi Balap,F I A,Musim Balap,Regulasi,Tekhnologi — thedi76 @ 1:21 am
FIA terus melakukan berbagai cara untuk membuat ajang Formula One kian menarik. Kali ini, otoritas tertinggi di F1 ini berencana meluncurkan regulasi baru yang akan mulai diterapkan pada musim 2011. Apakah itu?

Mulai musim depan, FIA kabarnya akan menerapkan aturan baru terkait sesi kualifikasi. Dalam aturan barunya ini, setiap pembalap yang mencatatkan waktu 107 persen dari waktu tercepat di Q1 tidak diizinkan untuk mengikuti balapan. Regulasi baru ini dimaksudkan untuk membuat balapan menjadi lebih seimbang.

Seperti diketahui, musim ini peta kekuatan masing-masing tim memang terbilang cukup timpang. Tim-tim besar berhasil mencatatkan waktu terbaik dan unggul jauh (bisa sekira tiga – lima detik) dari tim-tim pendatang baru. Kesenjangan inilah yang coba dihapus FIA.

“Mulai musim 2011, setiap pembalap yang mencatatkan waktu terbaiknya melebihi 107 persen catatan waktu pembalap tercepat di Q1 sesi kualifikasi, tidak diperbolehkan mengikuti balapan,” bunyi pernyataan Dewan Motor Sport dunia seperti dikutip Autosport, Kamis (24/6/2010).

“Di bawah kondisi tertentu, dimana pembalap mampu mencatat waktu yang bagus di free practice, stewards mungkin memberikan ijin tim untuk balapan. Namun, harus ada lebih dari satu pembalap yang menerima hal ini. Sementara untuk posisi di grid akan ditentukan oleh stewards.

Selain regulasi baru terkait kualifikasi, konon FIA juga akan merilis sejumlah aturan baru yang melingkupi sejumlah aspek, seperti pengisian bahan bakar, F-Duct dan masih banyak yang lainnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: