PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

7 Agustus 2008

O Force One, Pesawat Khusus Obama

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 10:09 am

‘O Force One’ agaknya merupakan pelesetan dari Air Force One, pesawat kepresidenan AS. Ya, O Force One adalah nama yang disandangkan tim kampanye Barack Obama pada sebuah Boeing 757. Pesawat inilah yang mengantar senator Illinois ini dari satu kota ke kota lain, dari satu negara bagian ke negara bagian lain, bahkan dari satu negara ke negara lain setiap waktu untuk berkampanye menuju Gedung Putih.

Apa saja sih yang ada di dalamnya? Dari fasilitasnya, O Force One tergolong pesawat kelas satu. Di bagian terdepan, di belakang kokpit, terdapat areal VIP yang khusus untuk Obama dan tamu-tamu pentingnya. Di bagian ini ada empat kursi tunggal dan semua orang bebas berdiri.  Masih di bagian itu, terdapat sebuah kabin yang diisi empat kursi yang biasanya digunakan untuk rapat atau makan.

Di kabin ini Obama punya kursi pribadi, ditandai dengan tulisan Obama ’08 yang dibordir di bagian belakang atas kursi itu. Di bawah tulisan itu ada tulisan lain, President. Tak jauh dari kursi itu ada meja kecil yang di atasnya bertumpuk koran yang siap dilahap sang kandidat. Meja lain di kabin yang sama dipenuhi makanan kecil dan keju. Di kabin inilah Obama menghabiskan hampir seluruh waktunya selama terbang, untuk rapat bersama stafnya dan kadang-kadang wawancara.

“Kabin calon presiden tipikal kelas bisnis lebih menyerupai kamar dan lebih rapi dibandingkan kabin untuk staf dan areal pers, tetapi dengan perlengkapan yang memadai,” kata wartawan Politico, Mike Allen, yang kerap ikut terbang dengan kandidat.

Bilik Obama secara keseluruhan mampu menampung hingga delapan orang sekaligus, tetapi jarang sekali delapan kursi itu terisi semua. Tergantung tujuan dan lamanya perjalanan, Obama ditemani sekretaris pribadinya, Reggie Love, dan sejumlah staf senior atau seorang rekan sesama senator. Baru-baru ini, Senator Missouri Claire McCaskill ikut terbang dari Washington DC hingga ke rumahnya.

Bagian lain merupakan perluasan kelas bisnis untuk menampung staf senior dan yunior, termasuk tim media Obama yang memfilmkan semua kegiatan senator itu untuk promosi. Dua bagian paling belakang lain diisi anggota Secret Service (pengawal kepresidenan), wartawan, dan sejumlah staf rendahan.

Sepertinya sudah menjadi ritus pada setiap pemilu presiden bahwa setiap kandidat akan merombak sebuah pesawat khusus untuk keperluan kampanye. Pesawat itu juga diberi nama khusus yang merepresentasikan pribadi maupun visi si kandidat. Tentu saja ada sejumlah wartawan yang ikut dalam tim itu, di luar tim media sang kandidat. Namun, jangan dikira para wartawan ikut tim kampanye secara gratis karena mereka pun harus membayar untuk bisa meliput kegiatan sang kandidat. Obama pun memasang tarif sampai ribuan dollar.

Bagaimana dengan John McCain? Wartawan CBSNews, John Bentley, yang meliput kampanye McCain melaporkan, senator Arizona itu menggunakan pesawat yang lebih kecil, yaitu Boeing 737. Pesawat itu mempunyai empat kompartemen, yaitu areal kelas satu tempat McCain biasa duduk, areal “bicara langsung” untuk wawancara, areal kelas bisnis untuk staf, dan paling belakang untuk media dan secret service.

Di ruang khusus McCain terdapat 12 kursi berlapis kulit untuk dia, istri, dan staf senior. Sedangkan di kompartemen kedua ada bangku panjang berlapis kulit untuk tempat duduk para wartawan dan satu kursi untuk McCain saat duduk dan menjawab pertanyaan wartawan. Namun sejak punya pesawat kampanye sendiri, McCain baru sekali menggunakan ruang itu untuk wawancara, yaitu lebih sebulan yang lalu.

Semua bagian di pesawat McCain dipisahkan oleh tirai yang akan ditutup rapat-rapat begitu pesawat mengudara. Hal ini untuk mencegah penghuni tiap bagian berinteraksi satu sama lain.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: