PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

4 Agustus 2008

Siapa Pengedar Rekaman?

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 8:17 am

Rekaman percakapan yang diyakini sebagai percakapan di kokpit pesawat AdamAir sebelum jatuh diperairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam, mengundang kontroversi.

Lepas dari perdebatan otentisitasnya, rekaman tersebut kembali melukai keluarga korban karena duka yang terpendam kembali dibuka.

Siapakah yang mengedarkan rekaman tersebut? Menteri Perhubungan JusmanSyafii Djamal yang meragukan otentisitas rekaman tersebut telah memerintahkan Ketua Komite NasionalKeselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi untuk melacak sumber rekaman dan orang  yang mengedarkannya.

Menanggapi persoalan ini, pengamat penerbangangan Dudi Sudibyo yang dihubungi Minggu (3/8) mengatakan, yang pasti rekaman asli tersimpan di KNKT dan akses ke situ hanya beberapa orang saja yang tahu kode password nya. “Apakah seseorang dari situ meng-copy dengan tingkat copy-an yang kurang baik, itu salah satu kemungkinan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sekitar dua bulan silam, ada semacam kursus untuk wartawan mengenai investigasi menyangkut pekerjaan apa saja. Dan para peserta kursus tersebut, punya akses ke rekaman tersebut. “Nah, apakah pada saat itu ada salah satu yang merekam dan menyebarluaskan di internet itu yang saya tidak tahu. Jadi, ada dua kemungkinan, orang dalam KNKT atau orang luar,” kata dia.

Dudi mengaku tidak tahu apa tujuannya si penyebar menyebarkan percakapan itu di internet. Ia hanya menyesalkan karena ini adalah suatu data/dokumen yang seharusnya sangat terbatas bisa diakses pada orang tertentu, dalam hal ini investigator, itupun tidak semuanya.

“Tapi yang jelas kredibilitas Indonesia di luar negeri itu sudah jatuh dengan kejadian ini. Nah siapapun yang membocorkan itu saya sayangkan. Dampaknya akan berat bagi yang masih trauma. Kasihan secara psikologis keluarga dari awak pesawat dan penumpang pesawat nahas itu. Tapi toh sudah terjadi,” sambung dia.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: