PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

11 Juli 2008

Listrik Padam, Waspadai Alat Elektronik Anda!

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 10:09 am

PEMADAMAN listrik yang kerap terjadi berpotensi menganggu kinerja peralatan elektronika, bahkan bisa menjadi rusak . Jika rusak, maka warga harus mengganti dengan membeli kompenen baru. Mereka juga bisa melakukan tindakan preventif dengan membeli peralatan yang bisa melindungi dari kerusakan.

Salah satu peralatan yang saat ini banyak dicari adalah stabilizer atau automatic voltage regulator (AVR) yang berfungsi melindungi peralatan elektronika dari naiknya tegangan listrik yang terjadi secara tiba-tiba saat listrik kembali menyala. AVR juga biasa dikenal sebagai alat penyetabil tegangan.

Berdasar pengamatan Kompas di Lindeteves Trade Center Glodok, Jakarta Pusat, Kamis (10/7), peralatan seperti ini laku cukup keras. Marketing Representative Aneka Travo yang berada di lantai dasar blok C 31, Eva Lenni Hutagalung, mengemukakan banyaknya permintaan dari masyarakat membuat beberapa tipe AVR kosong.

AVR berukuran 12.000-30.000 voltampere (VA) yang biasanya untuk industri sudah lama kosong, ujar Eva. Akibatnya, lanjut dia, konsumen harus menunggu pasokan satu-dua minggu, meski rata-rata mereka tidak sabar lantaran tidak ingin peralatan elektronikanya rusak.

Meningkatnya permintaan, kata Eva tidak hanya terjadi pada produk buatan Jepang yang harganya lebih mahal, tetapi juga asal China . Permintaan barang produksi kedua negara itu berimbang. Konsumen tidak lagi melihat negara penghasil. Yang dipikirkan hanya bagaimana melindungi peralatannya dari kerusakan, katanya.

Akibat naiknya permintaan, Eva mengaku terjadi peningkatan transaksi mencapai Rp 200 juta pada bulan Juni, dari sebelumnya Rp 100-an juta per bulan untuk tiap toko. Konsumen sendiri terbagi dalam dua kelompok, yakni industri yang memerlukan AVR berkapasitas besar dan rumah tangga yang memerlukan kapasitas kecil, sekitar 500 VA. AVR kecil dengan harga Rp 200.000-Rp 300.000 (tergantung merk) ini cocok untuk komputer, televisi, dan lemari es.

Meningkatnya permintaan juga terjadi pada peralatan lain. Esti selaku Marketing toko Vinco Jaya yang berada di Blok A6 lantai III , mengatakan penjualan MCB (main circuit breaker) atau pemutus hubungan listrik otomatis meningkat 5-10 persen dalam beberapa waktu terakhir. Jika biasanya ia mampu menjual 20-30 unit per hari, saat ini di atas 50 unit.

MCB bekerja apabila tegangan listrik melampaui batas. Selain melindungi peralatan elektronika dari tengangan tinggi , alat ini juga mencegah terjadinya hubungan arus pendek. Bedanya, apabila peralatan AVR dalam bentuk kotak tersendiri maka MCB terpasang pada jaringan listrik.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: