PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

8 Juli 2008

Mengubah Tampilan Windows XP

Filed under: Sains — thedi76 @ 10:17 am

Apa yang membuat dapat membedakan Windows XP dengan Windows versi sebelumnya? Jawaban yang sering disebut – barangkali karena mudah – adalah tampilan Windows XP. Desain antarmuka Windows XP yang diberi nama “luna” ini memiliki perbedaan yang menyolok dibandingkan Windows versi sebelumnya.

Meskipun bagus, apakah Anda bosan dengan tampilan sistem operasi yang begitu terus? Kalau iya, ada baiknya jika sekali-kali Anda mengganti gaya tampilan standar Windows ke tampilan yang luar biasa.

Ada banyak tampilan Windows XP yang bisa Anda dapatkan dengan bebas di Internet. Salah satu situs Web yang cukup terkenal dengan gratis membagikan tampilan Windows XP adalah http://www.themexp.org. Di sana Anda dapat men-download beragam variasi gaya tampilan Windows tanpa uang sepeser pun.

Untuk mempermudah instalasi dan penggunaan tampilan yang tersedia di situs Web tersebut, Anda disarankan meng-install software khusus, seperti StyleXP. Sayangnya StyleXP tidak sepenuhnya gratis. Anda hanya dapat menggunakannya secara bebas selama 30 hari. Untuk penggunaan lebih dari 30 hari, Anda harus membayar.

Agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang, atau justru”mengerjai” StyleXP sehingga bisa dipakai lebih dari 30 hari, ikuti saja trik ini.
1. Pastikan file tampilan (berekstensi MSSTYLES) yang Anda sudah download telah diletakkan di C:-WINDOWS-resources-Themes-.
2. Jalankan aplikasi Group Policy Editor dengan mengklik [Start] > [Run…], ketik gpedit.msc, lalu tekan [Enter].
3. Masuklah ke folder Local Computer Policy-User Configuration-Administrative Templates-Control Panel-Display-Desktop Themes-.
4. Klik dua kali pada [Load a specific visual style file or force Windows Classic], lalu pilih [Enabled].
5. Begitu Anda mengklik [Enabled], “Path to Visual Style” yang terdapat di kotak bagian bawah akan aktif. Masukkan lokasi file MSSTYLES pada kolom yang disediakan, misalnya “%windir%-resources-Themes-Luna-Luna.msstyles” untuk tampilan standar Windows. Contoh lainnya, jika file tampilan yang Anda miliki bernama Corona12, alamatnya menjadi “%windir%-resources-Themes-Corona12-Corona12.msstyles”. Kalau file tampilan ada di komputer lain yang sejaringan, Anda dapat menggunakan format –Server-Share-namafile.msstyles. Penulisan ini harus tepat. Tapi, jika saat login Windows tidak menemukan file tampilan yang Anda tentukan, Windows akan menggunakan tampilan standar.
6. Apabila kolom “Path to Visual Style” dikosongkan, secara otomatis Windows akan mengaktifkan visual style Classic yang desainnya mirip dengan versi Windows lama.
7. Jika Anda telah menentukan visual style, klik [OK]. lalu tutup jendela Group Policy.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: