PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

2 Juli 2008

Anwar Ibrahim Sembunyi di Sebuah Kedutaan

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 9:59 am

Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi menampik tudingan Anwar Ibrahim yang menyebut pemerintah mendalangi tudingan terhadap Anwar melakukan tindak sodomi.

Ia mengatakan, Minggu, tidak ada persengkongkolan di kubu pemerintah untuk mencelakakan Anwar, atau mengganggunya, atau mengangkat isu itu untuk merongrong Anwar.

Bantahan Badawi itu muncul beberapa jam setelah Anwar Ibrahim mengeluarkan pernyataan bahwa laporan ia melakukan sodomi sebagaimana diadukan seorang pria kepada polisi merupakan gerakan yang disengaja untuk merusak citra dirinya. “Tudingan ini jelas merupakan upaya sia-sia rezim yang berkuasa untuk menghentikan gerakan rakyat Malaysia menuju kebebasan, demokrasi, dan keadilan,” kata Anwar. Tudingan itu muncul saat Anwar tengah bersiap membeberkan persengkongkolan pemerintah dalam menjatuhkan dirinya dari posisi wakil perdana menteri tahun 1998.

Abdullah Badawi menolak menjawab apakah Anwar akan segera ditangkap. Mengenai bantahan Anwar, Abdullah mengatakan,”Biasa, orang yang dituduh selalu mengaku tidak bersalah.”

Mengenai pengaduan ke polisi itu, kian jelas duduk pangkalnya. Kantor berita Bernama, mengutip Kepala Polisi Kuala Lumpur Abdullah Ahmad Badawi, mengabarkan bahwa pria pengadu itu mengaku disodomi Anwar pada Kamis (26/6) di sebuah rumah rumah di kawasan mewah di pinggir Kuala Lumpur. Orang itu adalah salah satu asisten Anwar, dan bekerja pada Anwar sejak Maret silam.

Namun, seorang pengurus partainya Anwar, Partai Keadilan Rakyat, Din Merican mengaku bahwa sepanjang hari Kamis itu ia bersama Anwar di kantor partai. Sepanjang hari itu ada sejumlah rapat di kantor partai.

Sampai siang ini keberadaan Anwar tidak diketahui jelas. Sejak Minggu tadi pagi ia sudah “menghilang” untuk menghindari penangkapan polisi. Setelah ia menghadiri acara partai pada Sabtu malam, ia langsung bergerak ke suatu lokasi yang dirahasiakan. Seorang pengurus PKR yang tidak bersedia menyebut jati dirinya mengatakan bahwa Anwar kini berada di sebuah kedutaan asing yang menawarkan perlindungan kepadanya.

“Karena ia dianggap ancaman terhadap pemerintah, maka kami sangat mengkhawatirkan keselamatan jiwanya. Ia tentu tak ingin ditahan lagi,” kata deputy presiden PKR Syed Husin Ali.

Anwar memang tengah menggalang kekuatan untuk memegang kendali Malaysia. Ia tengah berupaya untuk duduk sebagai anggota parlemen melalui pemilihan sela. Ia tidak mencalonkan diri pada pemilu Maret silam karena dilarang oleh Mahkamah Agung untuk menduduki posisi publik selama lima tahun akibat vonis tuduhan korupsi terhadapnya pada 1998.

Masa berlaku larangan itu berakhir pada April silam. Ia berencana masuk parlemen, dan menggalang dukungan untuk menjatuhkan PM Abdullah Badawi. Anwar mengaku sudah mendapat dukungan 30 orang anggota parlemen dari Barisan Nasional yang bersiap membelot ke oposisi. Dukungan anggota parlemen dari kubu pemerintah ini terhadap Anwar jelas merupakan ancaman serius bagi Barisan Nasional yang berkuasa sejak Malaysia merdeka.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: