PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

30 Juni 2008

Harga Minyak Terus Menguat di Atas US$141 Per Barel

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 11:45 am

bensinHarga minyak dunia terus menguat, diperdagangkan di atas 141 dolar per barel menyusul rekor baru.

Kontrak berjangka minyak utama New York jenis light sweet pengiriman Agustus naik US$1,38 per barel menjadi US$141,59 per barel pada perdagangan Asia Senin (30/6) pagi.

Kontrak ditutup US$140,21 Jumat (27/6) di New York setelah sempat mencapai puncak baru US$142,99 per barel dalam perdagangan harian pada hari itu. Minyak mentah Brent ditutup pada kisaran US$140,21 per barel di London Jumat lalu setelah mencapai rekor perdagangan harian US$142,97.

Kenaikan harga minyak tersebut, yang sudah mencapai dua kali lipat dalam setahun terakhir ini, menimbulkan protes para konsumen dan pekerja di seluruh dunia, dan sangat mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi dunia.

Harga yang mencapai rekor tinggi sempat kembali turun setelah Kongres Minyak Dunia pemain industri kunci memulai pertemuan di Madrid pada Minggu (29/6) malam.

Yang akan mendominasi agenda selama kongres yang berlangsung empat hari dan diadakan setiap tiga tahun itu, topik utamanya adalah jaminan pasokan minyak dunia, keseimbangan antara pasokan dan permintaan, cadangan minyak dunia serta melonjaknya harga produk-produk minyak sulingan.

Harga minyak dunia mulai melesat menembus batas US$140 per barrel untuk pertama kalinya pada Kamis (26/6) pekan lalu, setelah Presiden Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang juga Menteri Energi Aljazair Chakib Kheli, memperkirakan lompatan harga baru.

Khelil memperkirakan bahwa harga minyak mentah yang telah meroket dalam setahun terakhir dapat mencapai US$170 dolar AS pada akhir tahun ini karena melemahnya dolar AS dan kerusuhan geopolitik.

Kontrak berjangka minyak utama New York jenis light sweet untuk pengiriman Agustus sempat ditutup naik tajam US$5,29 ke posisi US$139,64 per barrel pekan lalu, mencatat sebuah rekor akhir baru.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: