PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

26 Juni 2008

Curi Perhatian Saat Meeting

Filed under: Pernak Pernik — thedi76 @ 9:19 am

curi perhatian saat meetingSelama ini Anda merasa jadi orang yang biasa-biasa saja. Kemampuan Anda tidak dilihat orang.Tentu Anda tidak ingin stuck di situ, kan? Anda bisa mencuri perhatian orang, menunjukkan kemampuan, dengan memanfaatkan kesempatan meeting.

1. Materi Meeting
Jangan datang ke sebuah meeting hanya dengan kepala kosong, tanpa persiapan. Kecuali, Anda adalah orang yang sangat kreatif, penuh inisiatif dan bisa berpikir cepat. Jika tidak, Anda hanya akan menjadi’penghias ruangan’. Terlepas kreatif atau tidak ketika meng hadiri meeting, Anda harus mempersiapkan materi atau ide. Cari tahu agenda meeting.

Jika tidak tercantum pada undangan, tanyakan pada pimpinan rapat. Dari situ, Anda akan dengan mudah mengumpulkan bahan-bahan yang dapat memperkaya meeting. Percayalah, bukan hanya Anda yang akan terlihat menonjol, semua orang (termasuk bos) akan sangat terbantu.

2. Persiapan Mental
Jika ini adalah meeting pertama Anda atau meeting penting untuk menarik klien yang agak sulit, mungkin persiapan mental
diperlukan. Pertanyaan dan kritikan pasti akan melayang pada materi presentasi Anda. Agar Anda siap, pelajarilah materi dengan baik. Jangan keburu dihantui rasa takut dan stres! Santai saja. Ketenangan adalah kunci untuk memenangkan perdebatan saat meeting. Buatlah catatan kecil yang berisi poin-poin penting untuk bahan ‘contekan’. Semua itu akan akan membuat perasaan Anda lebih aman dan nyaman.

3. Datang On Time
Atasan akan melihat Anda adalah karyawan disiplin dan tak suka membuang waktu. Pasalnya, seringkali meeting terlambat dimulai hanya gara-gara pesertanya terlambat datang. Jika meeting mulai terlambat, otomatis selesainya pun akan mundur dari jadwal.

4. Membagikan Materi Meeting
Sebelum meeting dimulai, Anda bisa membuat beberapa kopi materi yang sudah Anda susun rapi di rumah atau sehari sebelumnya di kantor. Bila dibutuhkan, materi itu bisa langsung Anda bagikan. Dijamin, atasan dan teman-teman Anda pasti terkesan. Mereka akan melihat bahwa Anda benar-benar serius dan slap menghadapi meeting.

5. Sampaikan Ide dengan Jelas
Saat Anda harus menyampaikan ide atau materi meeting, usahakan dengan santai dan tidak terburu-buru. Jadi, apa yang Anda sampaikan terdengar jelas. Jika terburu-buru, akan terkesan Anda grogi dan ingin cepat selesai. Biasanya, jika Anda menyampaikan materi dengan terburu-buru, Anda malah akan membuat kesalahan.

6. Jawab Pertanyaan dengan Tenang
Ketika Anda mendapat pertanyaan, usahakan tetap tenang. Jangan panik! Pandang lawan bicara dan tunggu sejenak sebelum menjawab. Sikap ini seolah memberitahu lawan bicara bahwa pertanyaannya cukup penting untuk dipikirkan.

7. Terbuka Terhadap kritikan
Apa pun kritikan yang Anda terima, baik pedas atau manis, terimalah! Jangan lantas emosi ketika kritikan tajam melayang kepada ide atau materi meeting Anda. Ada baiknya Anda menjawab kritikan itu dengan sikap tenang sambil mengajukan beberapa data pendukung untuk memperkuat ide Anda.

Ini lebih efektif ketimbang Anda berusaha membuktikan bahwa Anda benar dan lawan bicara salah. Apalagi kalau Anda berusaha mengalahkan lawan bicara. Jangan sampai yang terjadi kemudian malah debat kusir yang membuat orang kehilangan respek dan menguap bosan.

8. Ucapkan Terima Kasih
Setelah mengutarakan ide dan menanggapi semua pertanyaan serta kritik, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Katakan dengan jelas, seolah Anda senang mengatakannya. Ini akan memberi kesan bahwa Anda orang yang sangat berlapang dada atas semua masukan dan kritikan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: