PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

25 Juni 2008

Sebelum Menetas Bayi Buaya Sudah Berkomunikasi

Filed under: Sains — thedi76 @ 9:54 am

Bayi buaya mulai berkomunikasi satu dengan yang lain dan dengan induk mereka tidak lama sebelum menetas, barangkali dengan mengeluarkan tanda bahwa sudah tiba waktunya untuk lahir, kata beberapa peneliti Prancis.

“Buaya-buaya kecil itu mengeluarkan suara heem! hemm! hemm! tepat sebelum menetas,” kata Amelie Vergne dan Nicolas Mathevon dari Universite Jean Monnet di Saint-Etienne, Prancis.

“Induk buaya bereaksi sangat kuat untuk memainkan kembali panggilan pra-penetasan, kebanyakan dari mereka dengan menggali pasir,” tulis kedua peneliti tersebut di jurnal Current Biology.

Peneliti itu memeriksa 10 buaya dan telurnya, mencatat suara yang dikeluarkan bayi buaya tersebut dan kemudian memainkannya, serta suara acak, ke induk buaya.

Suara itu tampaknya menggelitik bayi buaya untuk mulai memecahkan kulit telur mereka, tulis Vergne dan Mathevon.

“Di kebun binantang kami melakukan ujicoba, telur dipindahkan dalam beberapa hari setelah dikeluarkan induk buaya. Meskipun begitu, betina buaya tetap menjaga sarangnya,” kata mereka.

Mathevon mengatakan banyak bayi buaya mulai makan tepat setelah menetas, jadi mungkin penting bagi mereka semua untuk menetas secara bersama dan bagi induk mereka untuk berada di sana saat mereka menetas.

“Dalam kondisi ini, penting bagi semua embrio di sarang itu untuk siap menetas pada saat bersamaan sehingga mereka semua dapat menerima perlindungan dan perawatan buaya dewasa,” kata Mathevon dalam satu pernyataan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: