PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

23 Juni 2008

Fosil Dinosaurus Kembali Ditemukan di Utah

Filed under: Sains — thedi76 @ 8:58 am

tulang dinoTemuan tulang belulang dinosaurus yang terawetkan dengan baik, fosil pohon yang membatu, serta kerang air tawar purba di tenggara Utah dapat memberi petunjuk baru tentang kehidupan di sana sekitar 150 juta tahun lalu.

Kantor pertanahan setempat mengumumkan penemuan “kehidupan lampau” itu, Senin lalu (16/6), dan menyebutnya sebagai “penemuan besar fosil dinosaurus”. Pasalnya, dalam penggalian yang dilakukan kemudian, para peneliti mendapati sedikitnya empat belulang sauropoda, dinosaurus pemakan tumbuhan yang berleher dan berekor panjang, beserta dua ekor dinosaurus karnivora. Mereka kemungkinan juga menemukan Stegosaurus pemakan tumbuhan.

Kuburan dinosaurus dan fosil pohon berdiameter 1,8 meter itu ditemukan berdekatan. “Di situs itu memang tidak ditemukan dinosaurus spesies baru, tapi memberikan kesempatan bagi para ilmuwan untuk lebih mempelajari ekologi pada masa itu,” kata Scott Foss, paleontolog dari badan pertanahan.

Fosil dinosaurus itu berasal dari periode Jurasic akhir seperti hewan yang ada di Monumen Nasional Dinosaurus. Situs yang memiliki lebar 46 meter dan panjang 183 ini telah lama diketahui oleh penduduk lokal sebagai surganya dinosaurus. Tapi tidak satu orang pun yang tahu isinya sampai penggalian dimulai.

Perpaduan temuan fosil dinosaurus, pohon, dan spesies lain di area ini dapat membantu para ilmuwan menyatukan kembali bagaimana rupa kehidupan 145 juta-150 juta tahun lalu, termasuk detail tentang iklim kunonya, kata Foss. (M12-08).

1 Komentar »

  1. Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://fossil.infogue.com/fosil_dinosaurus_kembali_ditemukan_di_utah

    Komentar oleh infogue — 24 Juni 2008 @ 11:02 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: