PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

23 Juni 2008

Dinosaurus Baru Kanada Masih Misterius

Filed under: Sains — thedi76 @ 9:03 am

dinosaurusSeorang calon geologis tersandung sekumpulan tulang di utara British Columbia lebih dari tiga dekade lalu. Ia tak sadar bahwa tulang belulang tersebut mungkin berasal dari seekor dinosaurus jenis baru. Nah, yang menarik, identitas dino itu sampai sekarang masih misterius.

Kumpulan tulang yang dikumpulkan meliputi tujuh rahang, lengan, dan tulang kaki, serta fragmen tengkorak. Berdasarkan bentuk dan ukuran tulang, para paleontolog menduga pemiliknya adalah dinosaurus ukuran kecil hingga sedang, mungkin seekor pachycephalosaurus atau ornithopoda. Tapi spesimen ini hanya disebut dinosaurus Sustut karena ditemukan di Sustut Basin di Utara-Tengah British Columbia, Kanada.

Kenny Larsen menemukan fosil itu pada 1971 ketika mencari thorium, sejenis elemen radioaktif. Saat bekerja di lapangan, instrumennya menangkap tingkat radiasi tertentu, yang ternyata berasal dari tulang. Larsen kemudian mengumpulkan tulang-tulang yang terpisah itu dan mendonasikannya kepada Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia, pada 2004.

Tulang-tulang itu kemudian dipelajari oleh mahasiswi Victoria Arbour yang segera menyadari bahwa barang itu adalah temuan langka. Tulang-tulang itu terawetkan dengan baik dan merupakan spesimen dinosaurus paling lengkap yang pernah ditemukan di British Columbia hingga saat ini.

Sayang catatan lapangan Larsen hilang, sehingga para peneliti sulit menemukan lokasi persis kuburan fosil itu, dan membuat fosil-fosil tersebut sulit diketahui usianya. Namun berdasarkan batu yang menempel pada beberapa fragmen, Arbour dan koleganya menduga spesimen itu berumur sekitar 70 juta tahun lalu, tepatnya dari jaman Cretaceous akhir.

Fragmen tulang mengidentifikasikan bahwa fosil-fosil tersebut berasal dari dinosaurus kecil pemakan tumbuhan yang berkaki dua. Beberapa tulangnya mirip pachycephalosaurus, yang berlari dengan dua kaki, dan memiliki tengkorak berbentuk kubah. Sementara beberapa bagian lagi mirip ornithopoda, pemakan rumput yang berjalan dengan dua kaki dan memiliki moncong bertanduk.

“Ada beberapa kemiripan dengan dua jenis dinosaurus lain meskipun ada pula tulang lengan yang belum pernah kita lihat sebelumnya,” kata Arbour. “Dinosaurus Sustut mungkin merupakan spesies baru tapi kita tidak tahu pasti sampai fosil-fosil lain ditemukan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: