PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

11 Juni 2008

Tarif Taksi Disetujui

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 9:39 am

tarif taksiGubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyetujui perubahan tarif taksi yang diusulkan Organda DKI Jakarta, tetapi perubahan itu belum ditetapkan sehingga tidak dapat langsung diterapkan. Namun, para sopir keberatan atas kenaikan tarif tersebut karena akan semakin sulit mencari penumpang.

”Saya setuju dengan usulan Organda menaikkan tarif 20 persen. Minggu ini saya harap sudah dapat ditetapkan,” kata Fauzi.

Tarif buka pintu naik dari Rp 5.000 menjadi Rp 6.000. Tarif tempuh per kilometer naik dari Rp 2.500 menjadi Rp 3.000 dan tarif tunggu taksi naik dari Rp 25.000 menjadi Rp 30.000 per jam.

Fauzi juga memperbolehkan adanya tarif batas bawah, yaitu tarif batas taksi saat ini, sebelum ada kenaikan. Semua perusahaan taksi dipersilakan menentukan tarif sendiri asalkan tidak melebihi batas tarif itu. ”Dinas Perhubungan akan menindak perusahaan taksi yang melanggar batas tarif taksi,” kata Fauzi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Nurachman mengatakan, tarif baru tersebut diperkirakan akan ditetapkan pada Rabu (11/6) ini. Namun, perusahaan taksi diberi sedikit kelonggaran untuk merevisi sistem tarif mereka.

Kelonggaran waktu diberikan karena sistem tarif harus diberlakukan melalui argometer. Banyaknya jumlah armada taksi dan proses pemasukan sistem tarif baru secara elektronik membuat Dishub masih memberikan toleransi.

Para sopir taksi mengaku khawatir dengan perubahan tarif yang baru ini. Menurut Hasan, sopir taksi di Stasiun Gambir, sejak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), jumlah penumpang terus turun.

Sebelum kenaikan harga BBM, dia masih dapat memenuhi setoran sampai Rp 200.000 dan membawa pulang Rp 25.000. Kini, untuk memenuhi setoran saja dia kesulitan. ”Perusahaan perlu menghitung target setoran agar sopir tidak selalu tekor,” kata Hasan.

Bus transjakarta malam

Sementara itu, terkait dengan beroperasinya kereta rel listrik sampai malam, Badan Layanan Umum Transjakarta juga siap mengoperasikan armadanya sampai pukul 24.00 atau dua jam lebih lama dari biasanya. Namun, pengoperasian bus transjakarta sampai malam tergantung pada keputusan Gubernur.

Manajer Pengendalian BLU Transjakarta Rene Nunumete mengatakan, pengoperasian bus transjakarta sampai malam hanya membutuhkan sedikit penyesuaian, misalnya penambahan giliran kerja, pengamanan sopir dan petugas tiket, serta sistem lembur. Para operator bus transjakarta dinilai tidak akan keberatan.

”Pembayaran bagi operator sangat tergantung pada jarak yang sudah ditempuh sehingga penambahan jam operasi tidak akan ditolak,” kata Rene.

Menanggapi usul itu, Fauzi mengatakan, pihaknya akan mengkaji dahulu kebutuhan masyarakat, frekuensi perjalanan, dan armada yang dibutuhkan. Pada dasarnya, pemprov tidak keberatan jika penambahan jam operasi dibutuhkan masyarakat.

Arie Novarina (27), karyawati swasta di Jakarta Pusat, mengatakan, dirinya sangat senang jika ada bus transjakarta sampai malam. Arie mengaku sering harus bekerja lembur dan membutuhkan angkutan malam yang aman serta nyaman.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: