PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

11 Juni 2008

Hiddink: Rusia Bodoh!

Filed under: Sport — thedi76 @ 9:14 am

rusiaPelatih Rusia asal Belanda, Guus Hiddink, menyesalkan kekalahan timnya 1-4 dari Spanyol. Menurutnya, kekalahan telak itu berkat kesalahan-kesalahan bodoh yang dibuat Rusia sendiri.

“Jika Anda melihat gol kedua (dicetak David Villa, Red), juga gol keempat (dicetak Cesc Fabregas, Red), hasil kesalahan kami yang memalukan. Anak sekolah pun tak akan membuat kesalahan seperti itu,” kecam Hiddink kepada pemainnya, geram.

Gol kedua Spanyol terjadi, setelah Andres Iniesta memberi umpan terobosan kepada David Villa. Herannya, para defender Rusia tak melihat pergerakan Villa, hingga dia dengan mudah menaklukkan gawang Rusia. Sedangkan gol keempat terjadi karena Xavi Hernandez dibiarkan bebas menerima umpan David Villa. Dia kemudian mampu melepaskan tendangan kencang ke gawang. Meski bisa diblok kiper Igor Akinfeef, tapi bola mental mampu disundul Cesc Fabregas yang juga bebas untuk menjadi gol.

“Kesalahan ini tidak hanya dilakukan oleh para defender, tapi juga seluruh tim. Mereka tak bisa melihat kapan api mulai menyala dan kapan harus menjadi pemadam kebakaran. Sejjujurnya, saya sangat marah usai babak pertama karena perilaku yang naif itu,” sembur Hiddink.

Menurut Hiddink, dia mengatakan Rusia membuat kesalahan bodoh, terutama karena gol kedua terjadi saat babak pertama hampir selesai. “Kami memang agak naif dalam beberapa situasi. Kami sekarang mendapat pelajaran setelah terhukum oleh serangan-serangan balik lawan,” jelasnya.

Menurutnya, Rusia mau tak mau harus melakukan perbaikan signifikan saat menghadapi Yunani pada Sabtu (14/6) dan lawan Swedia empat hari kemudian. Jika tidak, maka Rusia terpaksa harus mengucapkan selamat tinggal kepada Euro 2008.

“Pada akhir pertandingan di ruang ganti, saya katakan kepada para pemain bahwa turnamen ini ditentukan oleh tiga pertandingan (di penyisihan grup, Red). Kami harus segera belajar agar tidak lagi naif. Jika kita mampu mengambil pelajaran dari kekalahan menyakitkan itu, saya yakin Rusia bisa bangkit dan mampu meraih hasil memuaskan di dua pertandingan berikutnya,” ujarnya.

“Kami akan melihat bagaimana Spanyol bereaksi ketika mereka mendapat llebih berat saat bertemu lawan yang tahu tabiat kompetisi internasional. Hari ini, kami telah memberi bantuan terlalu banyak kepada Spanyol,” tambahnya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: