PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

10 Juni 2008

Reptil Purba Antartika Seukuran Kucing

Filed under: Sains — thedi76 @ 11:32 am

reptilReptil di zaman dinosaurus banyak yang berukuran raksasa, namun reptil purba yang pernah menghuni daratan Antartika di Kutub Selatan hanya seukuran kucing. Bukti-bukti keberadaanya dapat dilihat dari  liang-liang tanah di Pegunungan Transatlantik, kawasan bergunung-gunung sepanjang 4800 kilometer yang dilapisi es abadi sejak 400 juta tahun lalu.

Reptil tersebut mungkin hidup di dalam tanah sehingga banyak meninggalkan liang. Akar tumbuh-tumbuhan dan serangga menjadi makanan sehari-harinya.  

“Kami menemukan bukti-bukti yang kuat bahwa liang-liang tanah ini dibuat reptil daripada udang karang,” ujar Christian Disor, ketua peneliti dari Universitas Washington, AS. Sayangnya, tak satu pun fosil yang ditemukan di antara liang-liang tanah tersebut dan hanya lubang-lubang berisi lumpur yang membatu.

Para peneliti memperkirakan di Zaman Triasik Awal, banjir menerjang kawasan tersebut sehingga air mengisi lubang-lubang tanah. Reptil yang hidup di sana mungkin lebih dulu pergi ke daratan yang lebih tinggi sehingga tak ada yang tertinggal.

“Liang-liang tersebut dibuat miring dan di ujungnya menggunung sehingga menjadi tempat berlindung saat itu,” ujar Molly Miller, peneliti lain dari Universitas Vanderbilt. Lubang terbesar yang berukuran panjang 35 centimeter, lebar 16 centimeter, dan dalam 9 centimeter berusia 245 juta tahun.

Sembilan liang lainnya yang berukuran lebih kecil berusia lebih muda. Lubang terakhir yang ditemukan berisi fosil hewan berkaki empat dan bertulang belakang, namun hanya berusia 15 juta tahun.

Meski tak ada fosil hewan lebih tua, bentuk dan ukuran liangnya mirip sarang reptil yang hidup di Afrika Selatan. Reptil mirip mamalia yang diberi nama Trinaxodon liorhinus itu juga hidup di Zaman Triasik.

Iklan

1 Komentar »

  1. > Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://arkeologi.infogue.com/reptil_purba_antartika_seukuran_kucing

    Komentar oleh infogue — 11 Juni 2008 @ 1:32 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: