PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

29 Mei 2008

Pertamina Jamin Harga Elpiji tak Naik

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 11:28 am

gas elpijiGas elpiji untuk kebutuhan rumah tangga di sejumlah daerah kembali sulit diperoleh. Beberapa agen mengeluh seretnya pasokan elpiji yang mereka terima dari Pertamina.

”Sudah lebih dari lima hari tidak ada pasokan dari distributor,” kata Wanto, pengecer elpiji di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (27/5). Pemilik pangkalan elpiji di kawasan Gambir, Jamal, merasakan imbas terhentinya pasokan dari Pertamina. Kini, dia membatasi pembelian oleh pengecer hanya 10 tabung. ”Ini jalan yang bisa dilakukan agar hemat,” katanya.

Gunawan, pengecer elpiji di daerah Kampung Makassar, Jakarta Timur, mengeluh karena sudah 10 hari tak ada kiriman dari agen. ”Tadi pagi datang 100 tabung, tapi sejam langsung habis.” Gas ukuran 12 kg juga mulai langka di Kota Bandarlampung, Lampung, meski harganya belum melonjak. Di sejumlah pengecer dan agen penjualan, tabung-tabung kosong dipajang.

Karyawan agen elpiji PT Elpinas, Rudi, mengatakan, pasokan gas dari Pertamina dikurangi, sementara permintaan tetap tinggi. ”Akibatnya, gas langka. Meski gas masih ada, tapi cepat habis terjual,” katanya. Di Serang, Banten, tabung gas elpiji 12 kg mulai sulit diperoleh. Riki Sudrajat, petugas agen elpiji PT Bagus Cempaka Mulia di Kota Cilegon, mengaku sudah empat hari tak punya stok.

Biasanya, ungkap Riki, dalam sehari Pertamina mengirim 500 tabung. Namun, empat hari terakhir hanya dipasok setengahnya. ”Sementara permintaan pelanggan tak berkurang.” Hal sama dialami Ida Farida, petugas agen elpiji PT Sinar Andaru di Kota Serang. Sejak pertengahan Mei, Pertamina tak memasok gas dengan alasan kerusakan di Unit Pertamina Balongan, Indramayu. ”Menurut keterangan Pertamina, pasokan normal kembali awal Juni ini,” katanya.

Warga Kota Bogor, Cibinong, dan Depok, Jawa Barat, juga mengalami kejadian serupa. Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Bogor, Hedy S Hedian, mengatakan, pasokan elpiji ke Bogor turun sejak dua pekan lalu. Penyebabnya, gangguan distribusi di kilang gas Balongan, Indramayu, Jawa Barat. ”Gangguan sedang diperbaiki Pertamina, kita harapkan segera selesai agar pasokan gas normal lagi,” katanya.

Kurangnya pasokan dari Pertamina, dibantah Dirut Pertamina, Ari Soemarno. Stok elpji Pertamina, ungkapnya, berada di kisaran 14 hari. ”Kita pastikan, kelangkaan di masyarakat bukan karena kita kekurangan stok,” kata Ari di Jakarta, kemarin.

Kelangkaan elpiji, menurutnya, disebabkan ulah agen yang sengaja menimbun menyusul isu kenaikan harga elpiji bersamaan dengan harga BBM bersubsidi. ”Kami jamin Pertamina tak menaikkan harga,” katanya. Ari menegaskan, hanya agen yang dapat menimbun karena mempunyai tempat dan tabung gas. Agen-agen curang penimbun gas itu akan segera ditertibkan. ”Kalau terbukti nakal, agen langsung saya putus.”

Mengantisipasi kelangkaan berlanjut, Pertamina akan melakukan operasi pasar tabung elpiji tiga dan 12 kg. ”Satu-dua hari ini dilakukan operasi pasar dengan cara mendistribusikan tabung elpiji secara langsung ke konsumen.” Harga jual operasi pasar elpiji tidak berbeda dengan di tingkat agen, yakni Rp 4.250 per kg. ”Kita akan pilih daerah-daerah yang kelangkaannya tinggi.” Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Achmad Faisal, menambahkan, pasokan elpiji ke DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah bakal kembali pulih dalam 2-3 hari lagi.

Kilang Balongan, yang sejak tiga pekan terakhir masuk perbaikan rutin, mulai beroperasi penuh. ”Sekarang sudah memasok 500 ton, 2-3 hari lagi 1.200-1.400 ton per hari.’

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: