PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

27 Mei 2008

Lima Tuntutan Organda

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 9:25 am

organdaOrganisasi Angkutan Darat (Organda) mengajukan lima permintaan kepada pemerintah terkait dengan kenaikan harga BBM sebesar 28,7 persen. Kenaikan batas atas tarif antar kota antar provinsi (AKAP) sebesar 15 persen dianggap tidak membuat masalah bila pemerintah segera mengabulkan permintaan Organda.

Rekomendasi Organda yang diputuskan pada Minggu (25/5) malam itu adalah pertama, pemerintah masih mensubsidi angkutan umum dan angkutan massa. Kedua, pungutan-pungutan liar ditertibkan. Ketiga, angkutan-angkutan ilegal dan plat hitam ditertibkan. Keempat, peraturan-peraturan daerah (perda) yang menyulitkan pengusaha angkutan massa agar segera dicabut dan terakhir, Organda meminta agar pemerintah segera memperbaiki infrastruktur jalanan yang saat ini masih banyak yang rusak.

“Paling utama adalah subsidi BBM. Perusahaan-perusaha an angkutan terutama yang antar kota dalam provinsi semakin kesulitan. Mereka tidak bisa menaikkan tarif karena penumpang semakin sedikit kalau tarif dinaikkan,” kata Ketua Umum Organda Murphy Hutagalung saat dihubungi Persda Network di Jakarta, Senin (26/5).

Smart card yang akan dibagikan bagi angkutan umum, jelasnya, tidak akan efektif karena satu kendaraan umum hanya mendapat kuota 10 liter per hari. Menurutnya, jatah 10 liter tidak akan efektif, karena dalam satu hari operasi kebutuhan kendaraan membutuhkan BBM yang jauh lebih besar.

Mengenai kenaikan tarif sebesar 15 persen per 1 juni 2008, Murphy mengatakan, hal itu adalah kenaikan yang dilakukan sebagai agenda tahunan yang setiap tahun dievaluasi. “Kebetulan selama dua tahun belum ada tarif baru, jadi kenaikan ini ya seperti kenaikan biasa saja,” tandasnya.

Murphy juga meminta agar preman-preman dan oknum aparat yang selalu melakukan pungutan liar di jalanan ditertibkan. “Biaya operasional angkutan bertambah banyak karena adanya pungutan-pungutan liar ini,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: