PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

21 Mei 2008

September Harga Bensin dan Solar Naik Lagi?

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 11:01 am

bbmHarga bahan bakar minyak (BBM) akan terbang tinggi sepanjang tahun ini. Rupanya, pemerintah berniat menaikkan harga BBM bersubsidi lebih dari satu kali pada tahun tahun ini. Jadi, setelah menaikkan harga BBM bersubsidi pada Juni 2008, kemungkinan besar pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi lagi.

Ketua Komite Tetap Moneter dan Fiskal Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bambang Soesatyo mengungkapkan itu, usai mengikuti rapat dengan Menteri Ekonomi Boediono dengan sejumlah menteri ekonomi dan pengusaha, Jumat (16/5). Menurutnya, kenaikan harga BBM pertama kali akan terjadi pada Juni 2008 nanti. Nah, setelah itu, banderol BBM mulai beringsut naik per September 2008 dan bulan-bulan selanjutnya. “Setiap tanggal 15, Pertamina akan mengumumkan kenaikan harga Pertamax dan BBM bersubsidi,” kata Bambang kepada KONTAN, kemarin (20/5).

Kenaikan harga BBM secara bertahap dan berkala ini bertujuan menghapus beban subsidi. Bila rencana pemerintah terwujud, harga BBM akan menyesuaikan dengan harga pasar internasional. Sumber KONTAN di kantor Menko Perekonomian membenarkan adanya rencana ini. Dia membisikkan, pemerintah masih menggodok kebijakan ini. “Kenaikan kedua ini hanya untuk’bensin dan solar bagi kendaraan pribadi,” tandasnya.

Bila rencana ini berjalan, banderol premium bakal melonjak dari Rp 4.500 per liter menjadi Rp 6.000 per liter pada Juni, dan langsung mengikuti harga pasar pada September nanti. Demikian juga halnya dengan solar. Pada Juni naik dari Rp 4.300 per liter jadi Rp 5.500. Pada September, pemerintah mencabut subsidi solar untuk kendaraan pribadi dan harganya mengikuti harga pasar.

Luluk Sumiarso, Direktur Jenderal Migas Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) enggan berkomentar. “Saya belum tahu. Nanti saya tanya ke kantor Menko Ekonomi dulu,” kata Luluk. Pengusaha meminta pemerintah tidak gegabah melakukan rencana ini. Pasalnya, kenaikan harga BBM bulan depan saja sudah memberatkan. “Kalau naik lagi, apalagi mengikuti harga pasar, bisa berabe,” kata Bambang.

DPR menganggap rencana ini terlalu mengada-ada. “Rencana yang tahap pertama saja belum ada pembicaraan deugwi DIT, ini mau menaikkan lagi,” tandas Alvin Lie, anggota Komisi VII. Parlemen menilai rencana ini bisa berbahaya sebab akan membakar amarah rakyat. “Kalan samp;u dua kali, efek nolitik dai ekoiwrta akzui besar sekah,° kata Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR Harry Azhar Azis.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: