PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

16 Mei 2008

Tiga Anak Hydrocephalus Butuh Bantuan

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 10:04 am

HydrocehalusTiga anak bawah lima tahun dengan penyakit hydrocephalus ditemukan di Kabupaten Magetan. Dua anak adalah kakak- beradik yang tinggal di Kecamatan Plaosan sedangkan satu anak lagi berada di Kecamatan Takeran.

Dua kakak beradik di Plaosan yang terkena penyakit ini adalah Nurwakid (5) dan Lukman (14 bulan). Mereka adalah warga Dukuh Tonggo Iro, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan.

Bidan Sidomukti Retno Kristianti yang menangani mereka mengatakan Nurwakid sudah dicoba dibawa ke rumah sakit di Surabaya dan Solo tetapi setelah diperiksa, kondisi otaknya sudah mengecil, sehingga tidak bisa dilakukan tindakan apapun untuk meny embuhkannya. Lingkar kepala Nurwakid mencapai 75 sentimeter (cm).

Sementara Lukman, peluangnya untuk sembuh total pun sulit. Pasalnya kondisi otaknya pun sudah kecil. Yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah memasang pipa di kepalanya untuk mengeluarkan cairan di kepala. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepala bertambah besar. Lingkar kepala Lukman sekarang 73 cm. “Penanganan terhadap keduanya sekarang hanya memberikan susu berprotein tinggi dan makanan yang gizinya baik,” kata Retno.

Adapun yang berada di Kecamatan Takeran bernama Nakita Lestari berusia 1,5 tahun, anak dari Santo (23) dan Anik (23). Nakita kini hanya dirawat di rumah Anik di Dusun Godangan, Desa Nguntorohadi, Kecamatan Takeran. Kesehariannya, Nakita hanya bisa terbaring di tempat tidur dan tidak banyak bergerak.

Anik memilih merawat Nakita di rumah karena setelah dirawat di puskesmas dan kemudian dirawat di RSU dr Sayidiman, Magetan, selama tiga bulan, kondisi Nakita tidak membaik. Menurut dokter yang merawat, Nakita harus dibawa ke Surabaya untuk disembuhkan di sana.

Namun kami tidak bisa membawanya ke Surabaya karena tidak memiliki dana sama sekali, ucap Anik. Santo dan Anik merupakan pengangguran. Santo yang sebelumnya bekerja sebagai buruh pabrik di Jakarta terpaksa berhent i dari pekerjaannya setelah mengetahui Nakita sakit. Sementara saudara kembar dari Nakita, Naila Lestari, yang juga terkena hydrocephalus, telah meninggal sejak usianya sembilan bulan.

Menurut Retno, terjangkitnya seorang anak oleh penyakit hydrocephalus bisa disebabkan oleh adanya virus toksoplasmosis pada tubuh ibunya. Virus toksoplasmosis ini sendiri bisa ditularkan salah satunya dari bulu, air liur, atau kotoran kucing.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: