PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

16 Mei 2008

Medvedev, Presiden yang Berjasa buat Fans MU-Chelsea

Filed under: Liga Inggris — thedi76 @ 9:40 am
yupUCAPAN itu seharusnya disampaikan para suporter Manchester United dan Chelsea menjelang duel final Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moskwa, 21 Mei mendatang. Medvedev adalah presiden baru Rusia yang dilantik 7 Mei lalu, menggantikan presiden lama, Vladimir Putin. Berkat presiden bernama lengkap Dmitry Medvedev itu, para suporter Inggris yang bisa mencapai puluhan ribu itu bisa masuk Rusia hanya berbekal tiket pertandingan.

”Kami sangat berterima kasih bahwa Presiden Medvedev, pada salah satu keputusan pertamanya di kantor kepresidenan, membuat keputusan itu untuk memudahkan suporter Inggris menonton penampilan dua tim mereka di Moskwa,” demikian pernyataan Kedutaan Inggris di Moskwa.

Keputusan dispensasi khusus untuk para suporter Inggris itu ditandatangani Presiden Medvedev, Rabu lalu. ”Di antara tanggal 18 dan 25 Mei 2008, warga negara asing yang datang ke Moskwa untuk menyaksikan partai final Liga Champions bisa masuk wilayah Rusia tanpa visa,” begitu bunyi keputusan Presiden Medvedev. ”Para suporter tinggal menunjukkan tiket sah, paspor sah, dan mengisi formulir imigrasi sebelum datang ke Rusia.”

Keringanan itu boleh jadi tidak akan keluar pada masa Presiden Rusia sebelumnya, Vladimir Putin. Tidak hanya karena Putin bukanlah penggemar sepak bola, hal itu dipicu buruknya hubungan diplomatik Inggris-Rusia sejak kasus pembunuhan pengkritik kebijakan Kremlin, Alexander Litvinenko, November 2006 di London. Sempat diwarnai pengusiran diplomat kedua belah pihak, kasus itu memanaskan hubungan diplomatik kedua negara. Prosedur pengurusan visa di antara kedua negara itu awalnya sangat ketat. Hal ini sempat dicemaskan suporter MU dan Chelsea, Maklum saja, puluhan ribu suporter itu hanya memiliki waktu tiga minggu untuk mengurus visa Rusia. Mereka baru plong, Rabu lalu, setelah Rusia melonggarkan kebijakan soal visa khusus untuk final Liga Champions. Pihak Rusia pun puas, karena klub mereka, Zenit St Petersburg juara Piala UEFA pada laga final di Manchester, Inggris, Kamis dini hari.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: