PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

15 Mei 2008

Burung Langka Ujung Kulon Terus Diburu

Filed under: Pernak Pernik — thedi76 @ 11:19 am

burung langkaPetugas polisi hutan (Polhut) Taman Nasional Ujung Kulon saat ini memperketat pengamanan burung langka menyusul terjadi perburuan yang dilakukan orang yang tak bertanggungjawab. “Belum lama ini petugas telah menangkap dua orang pelaku perburuan burung langka,” kata Humas Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Enjat Sudrajat, Rabu (14/5).

Salah satu upaya mencegah kepunahan burung langka yang dilindungi pemerintah itu,  pihaknya terus melakukan patroli dan sosialisasi kepada warga yang ada di perbatasan TNUK. Sebab, saat ini banyak burung-burung yang dilindungi di kawasan TNUK diburu oleh warga setempat. Di antaranya burung jalak hitam, elang, rangkong, merak, beo, nuri, dan lain-lainnya. 

Saat ini, spesies burung langka di TNUK tercatat 17 jenis sehingga perlu pengawasan ketat agar terhindar dari kepunahan oleh ulah warga setempat yang terus melakukan perburuan.

Perburuan dilakukan dengan cara menjebak atau menggunakan getah yang di pasang di atas pohon. “Hasil pemburuan itu mereka jual ke Jakarta dengan harga sangat tinggi,” kata Enjat.

Dinas Kehutanan Kabupaten Pandeglang sendiri sangat mendukung upaya pihak TNUK untuk melindungi burung langka itu. “Bila perlu pelakunya ditindak tegas secara hukum agar mereka tidak mengulangi lagi perbuatannya,” kata Endang, Kepala Bidang Kehutanan pada Dinas Kehutanan Pandeglang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: