PRIBADI PRUDENTIAL INDONESIA

13 Mei 2008

Taman Langsat di Kebayoran Baru, Tak Terawat

Filed under: Berita Utama — thedi76 @ 11:49 am

taman langsatTaman Langsat milik Dinas Pertamanan DKI Jakarta, yang berlokasi di Jalan Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tak terawat. Akibatnya, kenyamanan dan keindahannya tidak terlihat dan dirasakan.

Padahal, setiap harinya, taman tersebut digunakan oleh pengunjung di kawasan tersebut sebagai lokasi yang tepat untuk jogging track sepanjang 750 meter. Maklum, dengan lintasan selebar kurang lebih dua meter, yang turun naik seperti di perbukitan, para pengunjung bisa melakukan lari pagi atau jalan cepat sambil menikmati cericit burung dan sejuknya udara pagi di taman yang terletak di belakang Pasar Burung Barito.

Namun, Selasa (13/5) pagi, beberapa pengunjung yang tengah melakukan jogging, tampak mengeluh. “Pada kemana nih petugasnya, kok kotor banget,” ujar seorang ibu muda asal Ciputat.

Keluhan yang sama juga dilakukan seorang bapak. Sang bapak itu malah merasakan beberapa minggu belakangan, ia sama sekali tidak melihat petugas kebersihan di taman tersebut. Hal ini juga dilihat dan dirasakan ketika Kompas melakukan jogging di kawasan yang kerap digunakan oleh sejumlah mantan pejabat untuk ber-jogging.

Taman ini juga tercatat beberapa kali dipakai untuk shooting iklan sebuah produk dagang. Namun, sering meninggalkan kerusakan kecil di jalan akibat kendaraan yang mengangkut properti film tersebut.

Taman yang terlihat menjadi sangat kotor itu, bukan hanya disebabkan sampah dedaunan kering dan pelepah daun yang tersebar dan bertumpuk di beberapa tempat di taman tersebut. Akan tetapi, juga sampah bungkus plastik, kemasan gelas air mineral dan plastiknya tampak juga tercecer di rumput.

Belum lagi rumput-rumput dan tanaman liar lainnya yang terlihat sudah mulai tumbuh dan menyemak. Beberapa pohon langka yang sengaja ditanam di sana, juga tampak tidak diurus dengan baik. Beberapa papan nama dan jenis pohon yang dipasang oleh Dinas Pertamanan DKI Jakarta, di batang pohon, banyak yang sudah copot sehingga pengunjung tak lagi tahu nama dan jenis pohon tersebut.

Petugas tengah liburan

Meskipun tanaman teratai dan lotus, yang tengah berbunga dengan warna merah dan putih menghiasi danau yang berada di kawasan taman tersebut, namun keindahannya tidak bisa dinikmati.

Pasalnya, danau juga yang dirawat dengan baik. Seorang pengunjung malah tampak tengah mengambil lumut yang tumbuh di dasar danau untuk makanan ikan, dengan alat seroknya. Bahkan, kali yang mengalir di tengah kawasan taman tersebut, juga tak pernah jernih.

Aroma kali tersebut selalu menebarkan bau yang menyengat hidung. Beberapa peserta jogging kerap menutup hidungnya jika melewati jembatan yang melintasi kali di taman seluas kurang lebih 3 hektar tersebut.

Seorang wanita yang sehari-hari tinggal di taman tersebut dan kerap memungut jasa parkir bagi para pengunjung bermobil, saat ditanya mengapa taman tidak terawat mengatakan bahwa sejumlah petugas kebersihannya tengah libur. “Mereka lagi prei (berlibur), pak. Tetapi, ada atau tidak ada, memang kotor terus. Namanya juga daun, pak. Rontok melulu,” ujarnya, sambil merokok.

Namun, wanita yang tak mau menyebut namanya itu, tak mau menjelaskan lebih jauh. “Tanya bos aja, pak. Dia lagi di atas,” tambahnya, seraya menunjuk ke jalan raya, yang mengelilingi taman tersebut.

Tampaknya, keindahan, kebersihan dan perawatan Taman Langsat ini harus menjadi perhatian serius Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Sebab, kawasan seperti ini di kota yang semakin padat dan sesak, sangat dibutuhkan oleh warga yanbg tinggal di kawasan tersebut untuk menikmati udara yang sejuk di tengah-tengah lalu lintas yang padat.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Rubric. Get a free blog at WordPress.com

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 357 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: